12 Negara Ini Dinyatakan Masih Bebas Covid-19, Apa Saja?

Bebas Covid-19

TOPMETRO.NEWS – Bebas Covid-19, negara mana sajakah? Virus corona penyebab sakit Covid-19 telah menjangkiti seluruh dunia dan telah menjadi pandemi global. Total setidaknya ada 9 juta manusia di dunia yang pernah terinfeksi virus corona jenis baru itu.

Berawal dari Wuhan, China pada akhir 2019 lalu, Worldometers kini menyebut setidaknya sudah ada 213 negara dan teritori di dunia yang terjangkit oleh virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

Daftar 12 Negara Bebas Covid-19

Sementara itu, menurut data yang dikumpulkan Johns Hopkins University, ada 12 negara dan teritori yang masih belum melaporkan satu kasus virus corona di negara mereka.

Dikutip dari Al-Jazeera, negara dan teritori itu antara lain: Kiribati, Kepulauan Marshall, Micronesia, Nauru, Korea Utara, Palau, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Turkmenistan, Tuvalu, dan Vanuatu.

Sementara, virus ini juga tak membuat benua Antartika terdampak. Sebab tak adanya populasi manusia permanen di wilayah tersebut.

Dilansir ThePrint, Korea Utara masih melaporkan nol kasus Covid-19 di negaranya. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un ini memang diketahui membatasi kontak dengan negara luar dan membatasi masuknya informasi.

Terima Alkes China

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan Korea Utara telah melakukan tes dan karantina secara aktif setelah menerima alat kesehatan dan tes dari China di bulan Januari.

Turkmenistan, negara Asia lainnya merupakan salah satu negara dengan populasi paling sedikit di Asia, yakni hanya 5,6 juta penduduk.

Sekadar diketahui, Turkmenistan terkenal akan layanan kesehatannya yang buruk, dan dalam masa pandemi virus corona ini, pembatasan hanya dilakukan di beberapa wilayah saja.

Populasi Dibawah 700 Ribu

10 negara lainnya berada di wilayah Oseania, di mana semua negara itu diketahui memiliki populasi dibawah 700 ribu penduduk dengan layanan kesehatan yang jarang.

Begitu pandemi diumumkan, mereka dengan cepat menutup wilayah mereka dan menetapkan kegawat daruratan nasional.

Banyak pakar yang menyebut jika wabah Covid-19 terjadi di salah satu negara kepulauan tersebut, sebagian besar penduduk bisa lenyap karena tingginya kasus komorbiditas di sana.

Nauru menjadi salah satu negara yang cepat tanggap. Negara berpopulasi hanya 10 ribu orang ini memiliki hanya satu rumah sakit dan itu pun tanpa ventilator.

Mereka juga menangguhkan penerbangan ke negara dan kepulauan terdekat lainnya, hanya menyisakan satu penerbangan ke Australia dari tiga kali seminggu menjadi sekali dua minggu.

BACA SELENGKAPNYA | Tertinggi di Dunia, Kasus Covid-19 di Amerika Tembus 2 Juta

Diberitakan topmetro.news sebelumnya, kasus positif Covid-19 di Amerika Serikat (AS) telah menembus angka 2 juta dan tercatat tetap tertinggi di dunia. Berdasarkan data Worldometers, Senin (8/6/2020) WIB, jumlah orang yang terinfeksi Virus Corona mencapai 2.007.449 dan 112.469 meninggal dunia.

Sejak kemarin, jumlah kasus positif Covid-19 di dunia juga telah melewati angka 7 juta orang. Pagi ini tercatat 7.081.811 orang terinfeksi corona dan 405.074 orang meninggal dunia.

Jumlah kasus positif Covid-19 di beberapa negara juga kembali melampaui Tiongkok sebagai negara pertama yang mengungkap kasus tersebut. Tiongkok kini menduduki urutan ke-18 negara di dunia dengan kasus Covid-19 terbanyak, setelah disusul Kanada dan Pakistan.

Jumlah kasus positif di Tiongkok kini mencapai 83.036, sedangkan Kanada 95.699 kasus dan Pakistan 98.943 kasus. Indonesia berada di peringkat ke-33 dengan 31.186 kasus positif.

reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | suara/SuaraJabar/ThePrint/Al-Jazeera

Related posts

Leave a Comment